4 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan dan Nafsu Makan

 

manfaat temulawak
manfaat temulawak

Manfaat Temulawak merupakan tanaman herbal yang terbukti dalam pengobatan tradisional khusunya tiongkok , Temulawak biasa di sebut juga sebagai Java Ginger yaitu salah satu tanaman khas Indonesia yang mirip dengan ginseng.

temulawak biasanya di olah dan di haluskan sebagai obat anti peradangan dan penyembuhan luka dan di yakini bahwa temulawak lebih berkhasiat di bandingkan gingseng

baca juga : 4 Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya

Manfaat Temulawak

1. Menambah nafsu makan

Temulawak bisa di jadikan sebagai penambah nafsu makan, saya sudah coba ke anak saya yang berumur 1,5 tahun kalau suruh makan itu susah banget, akhirnya di saranin  suruh minum perasan temulawak, rasanya memang pahit tapi baru tadi sore di cekokin eh langsung makanya lumayan banyak dan lahap.

Sehingga orang tua tidak takut kalau anaknya tidak tercukupi kebutuhanya gizinya, tanaman temulawak juga sering di jadikan bahan dasar pada penambah nafsu makan yang di olah secara pabrikan dan di jual di seluruh apotik

2. Meredakan Radang Sendi

Ekstrak temulawak di kenal ampuh sebagai pengobatan radang sendi atau osteoarthritis. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa efek temulawak hampir sama seperti efek obat penghilang rasa sakit yang diberikan pada penderita radang sendi maka secara perlahan  badan akan kembali sehat. dan sakit sendi yang di rasakan mulai menghilang

3. Masalah pencernaan

Temulawak juga di kenal untuk masalah pencernaan dari studi yang di lakukan oleh Journal Clinical Gastroenterology and Hepatology menyebutkan kalau temulawak mengandung zat yang bisa memperbaiki pencernaan dan meningkatkan kebutuhan kinerjanya.

Temulawak bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan untuk membuat pencernaan kembali baik. Zat di dalam temulawak, mampu merangsang produksi empedu di kandung empedu, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan.

Khasiat temulawak memberikan dukungan terhadap berbagai masalah pencernaan termasuk gangguan pencernaan, kembung, gas dan dispepsia dalam penelitian menyebutkan, kelompok pasien yang mengkonsumsi temulawak mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan kelompok pasien yang tidak mengkonsumsi temulawak.

4. Membantu Pengobatan Kanker

Dalam penelitian tanaman herbal bisa membantu menghentikan pertumbuhan kanker akibat zat antioksidan yang terkandung di dalam obat herbal, termasuk temulawak. Penelitian dari jurnal kesehatan The Prostate menyatakan bahwa, manfaat temulawak memiliki kandungan aktif yang mampu membantu pengobatan kanker antara lain kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker usus.

Penelitian lain yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center juga menyebutkan jika nutrisi di dalam temulawak bisa membunuh perkembangan sel kanker dengan efektif.

manfaat temulawak

Efek Samping Temulawak

Meski banyak manfaat temulawak tapi tidak berarti terhindar dari efek samping, konsumsi temulawak secara berlebih dapat menimbulkan iritasi lambung , Pakar kesehatan mengatakan, temulawak sangat aman jika dikonsumsi dalam jangka waktu beberapa hari dan tidak melebihi batas waktu masa penggunaan yaitu 18 minggu secara berturut-turut.

  • Wanita hamil dan menyusui
    pengunaan temulawak pada ibu hamil sebaiknya di hindari walaupun Efek sampingnya pada kelompok ini belum diketahui secara pasti,. Dikhawatirkan temulawak bisa mengganggu janin di dalam kandungan maupun bayi yang sudah lahir.
  • Penderita gangguan liver dan kandung empedu
    Temulawak disebut-sebut mengandung banyak zat yang dapat merangsang produksi cairan empedu, sehingga dapat memperburuk kondisi yang terjadi.sebaiknya di hindari

Satu pemikiran pada “4 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan dan Nafsu Makan”

Tinggalkan komentar