3 Pengobatan Demam Berdarah dengan Tanaman Herbal

 

Pengobatan Demam Berdarah dengan Tanaman Herbal

Pengobatan Demam Berdarah dengan Tanaman Herbal berdarah atau DBD adalah virus yang di sebabkan oleh gigitan nyamuk, yang dapat menyebabkan demam dengue atau di sebut sebagai “breakbone fever” virus ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulang mereka patah.

virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang hidup di wilayah tropis dan subtropis. Menurut penelitian sekitar 55 juta kasus demam berdarah yang terjadi di seluruh dunia tiap tahunnya.

 

Ciri РCiri Nyamuk Aedes aegypti

Nyamuk Aedes aegypti memiliki ciri ciri bentuk relatif kecil. Ciri khas pada nyamuk ini yaitu adanya corak loreng-loreng putih dan hitam seperti zebra pada seluruh bagian tubuhnya Nyamuk Aedes aegypti lebih suka tinggal di air yang tergenag dan berada di tempat yang teduh. Seperti tutup kaleng, batang pohon, comberan, dan air tenang atau tidak mengalir. Di Siang hari merupakan waktu yang paling efektif untuk mengigit manusia.

Menurut penelitian nyamuk Aedes aegypti mulai beraktivitas sekitar dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Walau demikian, bukan tidak mungkin nyamuk Aedes aegypti mengigit di malam hari, khususnya di tempat yang berpenerangan baik.

Terdapat empat jenis virus dengue. Apabila seseorang telah terinfeksi satu jenis virus, biasanya dia menjadi kebal terhadap jenis tersebut seumur hidupnya. Namun, dia hanya akan terlindung dari tiga jenis virus lainnya dalam waktu singkat. Jika kemudian dia terkena satu dari tiga jenis virus tersebut, dia mungkin akan mengalami masalah yang serius.

Baca Juga : 10 Obat Sakit Gigi Berlubang Dengan Obat Herbal

Tanda- Tanda dan Gejala

Gejala DBD berlangsung 2-7 hari. Tetap waspada ketika suhu tubuh mulai membaik, karna bisa jadi itu adalah masa- masa puncak terjadinya serangan, Gejala utama dari demam berdarah muncul 3 sampai 15 hari setelah gigitan nyamuk. Gejala yang biasanya muncul adalah

  • demam tinggi,
  • sakit kepala parah,
  • sakit di belakang mata,
  • nyeri sendi,
  • nyeri otot dan tulang,
  • ruam,
  • dan pendarahan ringan.

Kemudian jika DBD tidak segera di atasi maka akan berlanjut ke tahap yang lebih serius Gejala-gejala tahap selanjutnya di antaranya adalah Sangat mungkin juga terjadi perdarahan dengan tanda-tanda:

  1. Sakit perut parah atau muntah terus-menerus
  2. Bintik-bintik merah atau bercak pada kulit
  3. Perdarahan dari hidung atau gusi
  4. Muntah darah
  5. Feses berwarna hitam
  6. Lemas, mudah marah dan mengantuk
  7. Kulit pucat, dingin, dan lembab
  8. Sulit bernafas Tidak ada obat khusus untuk pengobatan infeksi dengue. Biasanya pasien dengue diminta mengonsumsi analgesik (penghilang rasa sakit) jenis acetaminophen dan menghindari jenis ibuprofen, naproxen dan aspirin.

Obat Herbal Untuk Mengatasi DBD

Jambu Biji

Salah satu buah yang sudah dikenal manfaatnya untuk mengobati demam berdarah ialah jambu biji. Jambu biji mengandung vitamin C yang dapat membantu mempercepat pembentukan trombosit baru. jambu biji juga mengandung flavonoid, yang berkhasiat dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. sedangkan Daun jambu biji mengandung beberapa senyawa yang kaya manfaat, seperti tanin, minyak atsiri, dan minyak lemak. Sedangkan buahnya kaya akan vitamin c.

Pada pasien demam berdarah, trombosit dalam tubuhnya biasanya berada dalam di bawah ambang normal. Jambu biji mengandung trombinol yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat membantu tubuh menghasilkan trombosit yang lebih banyak. Untuk itu mengonsumsi jambu biji bisa menjadi cara efektif untuk membantu meningkatkannya kembali.

Selain itu jambu biji kaya akan quercetin, yaitu senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayur yang berguna untuk menghambat pertumbuhan virus, termasuk virus dengue.

Cara mengkonsumsi. Jambu biji bisa di bikin jus atau di olah menjadi bahan makanan lain seperti puding salad dll tapi ingat jagan memasaknya terlalu lama karna akan mengurangi kandungan gizi yang ada di dalamnya, lebih mudah di bikiin jus jambu, di samaping rasanya enak pembuatanya juga mudah

 

Beras Angkak

Beras angkak dapat meningkatkan trombosit Banyak berbagai penelitian yang dilakukan untuk membuktikan mengenai angkak sebagai obat demam berdarah alami. Angkak adalah salah satu jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Seperti yang kita tahu bahwa pasien DBD mempunyai kadar trombosit yang rendah yang membuat penyakitnya semakin parah. Dengan pemberian angkak yang dapat membantu peningkatan kadar trombosit, maka pasien DBD kemungkinan lebih cepat sembuh.

Beras angkak baik untuk meningkatkan kembali kadar trombosit yang sempat menurun. Pengolahannya memang unik, tapi sangat efektif dan bahkan tak kalah dari obat dokter.

Cara mengkonsumsi. ada berbagi menu resep makan yang bisa di coba dengan menjadikanya bubur menjadikannya sup, tapi yang perlu di ingat jngn memasaknya dengan suhu tinggi karna akan merusak kandungan gizi yang ada di dalamnya

 

Madu

Memang memiliki banyak manfaat ,Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga, madu sering di temukan dalam kitab suci Alquran sebagai bahan pengobatan dari dalam tubuh maupun luar tubuh. Banyak manfaat nutrisi yang terdapat dalam madu, kandungannya seperti vitamin, protein, antioksidan alami, antibakteri dan anti septi. Hasil dari kandungan tersebut dapat memperbaiki trombosit yang menurun akibat nyamuk tersebut

Cara mengkonsumsi.bisa di campur dengan makanan penunjang ataupun bisa di minum langsung menggunakan sendok cukup 3-4 sendok

 

Sekarang sudah memasuki musim penghujan karena sudah memasuki bulan desember 2019 , alangkah baiknya kita melakukan pencegahan sebelum pengobatan bayak yang harus di benahi mulai dari saluran irigasi, tempat- tempat yang berpotensi menjadi sarang berkembangbiaknya nyamuk tersebut

data dari beritatagar.com bahwa

gerbangpaw

adakanlah fogging atau semprot hama yang harus di diskusikan dengan masyarakat setempat yang melibatkan RT/RW dan Kelurahan karena kesehatan dan kenyamanan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama

 

terimakasih

(pawjahh Des 2018)

Tinggalkan komentar